Persepsi Mahasiswa pada Aplikasi “JStudio” Sebagai Alat Praktik dalam Praktikum Struktur Data

Penulis

  • Muhammad Trio Maulana Putra Institut Teknologi Mojosari
  • Febi Institut Teknologi Mojosari

Kata Kunci:

JStudio, Pembelajaran Sruktur Data, Aplikasi Berbasis Android, Technology Acceptance Model (TAM), Pendidikan Teknologi Informasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap aplikasi JStudio, sebuah code editor berbasis Android, dalam mendukung pembelajaran Struktur Data di kalangan mahasiswa. Dengan menggunakan model penerimaan teknologi atau Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini mengukur persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, niat perilaku, dan faktor eksternal yang mempengaruhi penerimaan JStudio. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran, dengan pengumpulan data melalui survei dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan JStudio, serta menunjukkan sikap positif terhadap aplikasi ini. Namun, terdapat variasi dalam niat penggunaan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa JStudio efektif sebagai alat bantu pembelajaran Struktur Data, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki akses ke laptop.

Unduhan

Diterbitkan

14-01-2025