Persepsi Mahasiswa pada Aplikasi “JStudio” Sebagai Alat Praktik dalam Praktikum Struktur Data
Kata Kunci:
JStudio, Pembelajaran Sruktur Data, Aplikasi Berbasis Android, Technology Acceptance Model (TAM), Pendidikan Teknologi InformasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap aplikasi JStudio, sebuah code editor berbasis Android, dalam mendukung pembelajaran Struktur Data di kalangan mahasiswa. Dengan menggunakan model penerimaan teknologi atau Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini mengukur persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, niat perilaku, dan faktor eksternal yang mempengaruhi penerimaan JStudio. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran, dengan pengumpulan data melalui survei dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan JStudio, serta menunjukkan sikap positif terhadap aplikasi ini. Namun, terdapat variasi dalam niat penggunaan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa JStudio efektif sebagai alat bantu pembelajaran Struktur Data, terutama bagi mahasiswa yang tidak memiliki akses ke laptop.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TEPI : Jurnal Teknologi Pendidikan dan Industri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.