Korelasi Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Durasi Belajar dan Hasil Belajar Agama Islam Bagi Mahasiswa Institut Teknologi Mojosari
Kata Kunci:
Gadget, Durasi Belajar, Hasil BelajarAbstrak
Perkembangan teknologi digital membawa pengaruh signifikan terhadap pola belajar mahasiswa. Gadget memiliki potensi sebagai media pembelajaran efektif melalui akses ke aplikasi edukatif, e-book, dan platform kajian keislaman, namun penggunaannya yang berlebihan untuk kepentingan non-akademik berpotensi mengurangi durasi belajar, menurunkan konsentrasi, serta memengaruhi hasil belajar. Durasi belajar yang cukup merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik, sedangkan alokasi waktu yang tergantikan oleh aktivitas menggunakan gadget secara berlebihan dapat menurunkan pemahaman materi dan capaian akademik, termasuk pada mata kuliah Agama Islam. Berbagai penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif antara penggunaan gadget non-akademik yang berlebihan dan capaian akademik, serta dampak negatif pada kualitas tidur yang berimbas pada performa belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis korelasi antara durasi penggunaan gadget, durasi belajar, dan hasil belajar Agama Islam pada mahasiswa. Hasil penelitian diharapkan memberikan masukan bagi pengambil kebijakan dan pendidik untuk merumuskan strategi pemanfaatan gadget yang efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa.
Referensi
Fadila, N., Qurrotul‘Aini, I. and Hariry, S. (2025) ‘Kecanduan Gadget dan Distraksi Belajar: Terapi Pendidikan Ruhani dalam Kehidupan Siswa’, Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(7), pp. 12930–12937.
Kamilatunnisa, K. et al. (2025) ‘Analisis Pengaruh Perilaku Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa’, Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 2(3), pp. 210–219.
Kurnia, A. et al. (2025) ‘Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Pembelajaran di TPQ/TPSQ Surau Baitul Khairat: Pengabdian’, Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3(4), pp. 2694–2701.
Mahfiroh, S. et al. (2025) ‘Gadget dan Implikasinya Pada Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar’, At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(01), pp. 122–132.
Maulana, I. (2025) ‘Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Capaian Akademik: Studi Kasus pada Peserta Didik MAN 1 OKU Timur’, Authorea Preprints [Preprint].
Meutia, A. (2025) ‘Perbudakan Digital Era Kekinian’, Jurnal Deliberatif, 3(1), pp. 76–102.
Nabila, P.A. et al. (2025) ‘Perbedaan Pola Pikir dan Adaptasi Mahasiswa Baru Prodi Akuntansi berdasarkan Latar Belakang Pendidikan yang Berbeda’, EKALAYA: Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(1), pp. 35–48.
Nurmawati, N. et al. (2025) ‘Faktor Penyebab Insomnia di Kalangan Remaja’, Indonesian Research Journal on Education, 5(1), pp. 173–179.
Rahmawati, N.F. (2021) ‘Penggunaan Gadget Terhadap Kualitas Tidur Anak Indonesia’. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.
Rohmahwati, D., Hutahaean, E.S.H. and Muzzamil, F. (2025) ‘Antara Organisasi dan Akademik: Dinamika Performa Mahasiswa’, JURNAL PSIKOLOGI POSEIDON, pp. 83–97.
Siregar, J. (2025) ‘Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Prokrastinasi Peserta Didik’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), pp. 1520–1527.
Sofia, A. and Dawamah, N. (2025) ‘Strategi Mahasiswa Dalam Mengatur Penggunaan Gadget dan Belajar Untuk Kesehatan’, Cindoku: Jurnal Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, 2(1), pp. 13–20.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TEPI : Jurnal Teknologi Pendidikan dan Industri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.