Cerdas Digital ala Nganjuk: Menggali Potensi Lokal melalui Pendidikan Teknologi Informasi
Kata Kunci:
Literasi Digital, Nganjuk, Pendidikan Teknologi Informasi, Potensi Lokal, Ekonomi KreatifAbstrak
Abstrak
Pendidikan teknologi informasi (PTI) memainkan peran krusial dalam memperkuat kapabilitas masyarakat lokal dalam menghadapi era digital. Kabupaten Nganjuk, sebagai salah satu wilayah agraris di Jawa Timur, memiliki potensi lokal yang melimpah namun belum sepenuhnya tereksplorasi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendidikan teknologi informasi terhadap pemberdayaan masyarakat Nganjuk, dengan fokus pada peningkatan literasi digital, inovasi lokal, dan penguatan ekonomi kreatif berbasis teknologi. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif dan data empiris dari observasi lapangan, wawancara mendalam, serta analisis dokumen kebijakan, penelitian ini menemukan bahwa integrasi kurikulum digital dalam pendidikan formal dan nonformal berkontribusi signifikan terhadap kesadaran digital dan transformasi ekonomi lokal. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya strategi edukatif dan kebijakan kolaboratif dalam mendorong pertumbuhan digital berbasis kearifan lokal.
Referensi
Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. Wiley.
Indrayani, N., & Wirawan, I. M. (2021). Digitalisasi dan kearifan lokal: tantangan dan peluang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 101-116.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Martin, A., & Grudziecki, J. (2006). DigEuLit: Concepts and tools for digital literacy development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5(4).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage.
Ng, W. (2012). Can we teach digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065-1078.
Susanto, R., & Wulandari, E. (2022). Strategi Pemberdayaan Komunitas melalui Literasi Digital di Daerah Pinggiran. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 4(1), 45-58.
UNESCO. (2021). Digital Literacy for Life and Work. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Yudhistira, R., & Ramadhani, L. (2023). Literasi Digital di Kalangan Komunitas Lokal: Studi Kasus di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pemberdayaan Teknologi Informasi, 7(1), 32-48.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 TEPI : Jurnal Teknologi Pendidikan dan Industri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.